belajar dr elektron

5 May

akhirnya… terwujud juga apa yang tersimpan di otakku…
aslinya c, postingan ini udah tercetus idenya sejak 1 tahun lalu waktu aku belajar Organic Chemistry… waktu itu materinya tentang elektron… ga taw kenapa yak, aku tertarik bwangett sama elektron (dan kimia tentunya) sejak SMA… sampe berharap-harap ada jurusan elektrokimia, padahal g ada kalee jurusan itu… terlalu spesifik untuk menjadi sebuah jurusan… buat jadi prodi ajah terlalu sempit… yang baik cuma jadi materi… hehe😀 … waktu itu pengen juga masuk ke teknik Elektro… tapi dipikir-pikir otakku serasa ga nyampe… jadi ya pilih jurusan yang sekarang aku jalani, Alhamdulillah ketrima… (dan aku sedang berjuang untuk keluar dari sini, semoga membawa pujian, Amien…)

btw, baru terwujud sekarang apa yang sempet ngendon di otakku… *kukur-kukur bingung maw mulai dari mana…*

waktu itu pelajaran Organic Chemistry… pelajaran ini sempet jadi momok buat anak-anak termasuk aku… whad de hell?… 3 sks gitu lowh… lagian pelajaran ini ga gampang… makanya, pas pelajaran ini sempet mikir aneh-aneh gara-gara bingung… hehew😀

critanya, suatu atom itu pasti punya elektron… dan yang dibicarakan hanya elektron terluar… kenapa elektron terluar? misalnya ajah manusia (bukan manusia super dan bukan manusia biasa), yang paling sering berinteraksi secara langsung dengan lingkungan adalah tubuh luarnya (exp. kulit) bukan ginjal atau pankreasnya kan? … begitu juga dengan elektron, yang paling sering berinteraksi dengan lingkungannya adalah elektron terluarnya… lebih lengkapnya elektron di kulit terluar…

banyak elektron terluarnya beda-beda… ada yang satu, ada yang dua, ada yang tiga, empat, lima, enam, tujuh, dan ada yang delapan… kalo yang sembilan ga ada… suatu atom yang punya elektron terluar berjumlah 8 buah disebut logam mulia… artinya, electron terluar yang banyaknya 8 itu udah paling TOP dech… sebut aja yang punya elektron terluar lebih banyak adalah elektron kaya ‘n yang punya elektron terluar lebih sedikit sebut ajah elektron miskin… yang menarik adalah… elektron punya sikap yang dermawan… setidaknya lebih dermawan daripada manusia… kenapa? mungkin penjelasan ini sedikit sulit (ataw malah terlalu rumit?) karena -si kecil ini- ga punya basic guru…

jadi gini… misalnya ajah ada dua atom yang saling berdekatan… sebut ajah atom X dan atom Y… atom X punya elektron terluar lebih banyak daripada atom Y, maka ketika kedua atom itu berdekatan, tanpa diminta atom X memberikan elektronnya kepada atom Y… anggap aja si X ini kaya elektron, dan si Y miskin elektron… maka si X yang kaya ini akan memberi sumbangan kepada si miskin Y… apakah seperti ini juga terjadi sama kita? Ga’ malu tu, ma elektron?

walopun ada juga golongan atom-atom yang ‘rada’ pelit… atom-atom seperti ini disebut atom yang memiliki elektronegativitas yang tinggi… ada apa dengan atom-atom ini?… atom-atom yang memiliki elektronegativitas yang tinggi akan lebih sulit untuk Berbagi Elektron (bukan judul film baru.red)… karena mereka punya sifat pelit… dan lebih senang “menyimpan harta kekayaannya” daripada berbagi dengan atom yang miskin elektron… prinsip si atom-atom pelit ini, “kalo masih ada yang mau nyumbang si atom miskin electron itu, aku ga mau nyumbang, tapi kalo emang kepentok si atom miskin itu ga ada yang nyumbang, terpaksa de aku nyumbang, abis kasian juga ngeliat dia merana” … yang ini jangan diconto yak!

dasarnya, atom-atom yang punya elektron melebihi batas akan cenderung ingin kembali ke posisi stabilnya… misalnya suatu atom pada keadaan stabil punya 6 elektron terluar (contohnya atom O = oksigen)… pada keadaan tertentu (disebut keadaan terkesitasi ataw excited state) si atom O ini bisa memiliki 7 elektron terluar… kok bisa? *kalo penasaran tanya ya.. tapi kalo engga, ga usah gapapa, bingung njelasinnya soalnya*

lanjut lagi… pada keadaan ini sebenarnya si atom O punya elektron yang lebih banyak, alias si atom O lebih kaya pada saat excited state daripada saat keadaan stabil (ground state)… tapi si atom O ini rupanya tidak tenang… so dia kepengen balik lagi ke keadaan stabil… walopun pada keadaan ground state ataw stabil dia akan lebih miskin daripada saat excited state… emang c kalo terlalu kaya juga ga enak… ga nyaman hidupnya… takut yang hartanya diambil orang, takut yang beginilah, begitulah… mumet kan jadinya… lebih enak biasa-biasa aja… di keadaan ground state… gitu juga yang terjadi sama kita sebagai manusia… misalnya orang yang punya kedudukan tinggi… jangan kira hidupnya tenang… urusannya ‘kan lebih banyak ‘n tentu ajah tanggung jawabnya lebih berat juga… ini yang namanya excited state… beda dengan PNS yang gajinya pas-pasan (bonyok aku PNS soalnya, hehe :D) hidupnya lebih tenang, ga kemrungsung, ga diburu dead line, dsb… karena berada dalam keadaan ground state… coba orang-orang yang punya kedudukan tinggi, pastinya punya dead line ‘n dikejar-kejar oleh dead line ‘kan?… suatu saat orang-orang itu (yang terksitasi.red) pastinya ingin kembali ke keadaan ground state yang lebih stabil… kecuali kalo ngga’ normal lowh yak… nah, si atom O ini menstabilkan diri dengan cara menyumbangkan sebagian elektronnya kepada atom yang miskin elektron…

sebenernya ga puas juga c ma postingan ini… tapi coba de… sapa taw ada yang berguna… afwan jiddan yak kalo penjelasannya terlalu rumit ‘n membingungkan… ataw bahkan membosankan… c_u… GANBATTE KUDASAI !!!

20 Responses to “belajar dr elektron”

  1. kurtubi May 5, 2007 at 8:42 pm #

    mumpung belum ditulis …… komen dulu deh

  2. kurtubi May 5, 2007 at 8:42 pm #

    besok bacanya … nitip koment dulu

  3. deking May 6, 2007 at 6:18 am #

    Gelar tikar sambil nyeruput kopi nungguin kelanjutan tulisan ini ach…
    BTW kenapa harus log in dulu supaya bisa komentar? Apa hal ini tdk membatasi orang2 selain WP yg ingin berkomentar?

  4. junthit May 6, 2007 at 1:52 pm #

    yaah cuma 5 kata…

  5. n0vri May 8, 2007 at 5:33 am #

    ikutan komen dulu, besok lanjutin bacanya…

  6. cakmoki May 9, 2007 at 9:51 pm #

    wuaaa, komen harus login …
    Nunggu lanjutannya😉

  7. ogan May 10, 2007 at 2:16 am #

    Numpang di bis kosong

  8. superkecil May 10, 2007 at 9:42 am #

    # kurtubi
    oke… sekarang udah ditulis lowh

    # deking
    spertinya salah setting

    # junthit
    enam kata kali kemaren
    sekarang… itung ndiri ajah yak!

    # n0vri
    oke… beneran dilanjutin yak!

    # cakmoki
    sudah datang lowh…

    # ogan
    ih, berpenumpang juga
    kaga’ kosong sekarang
    uda full

  9. deking May 10, 2007 at 9:54 am #

    Iya ya..elektron saja dermawan gitu, masak manusia kalah ya😦

  10. orido May 10, 2007 at 10:18 am #

    kenapa ada yg namanya kacang atom.. tapi kok gak ada kacang elektron??

    kabooorrrr…😀

  11. arul May 11, 2007 at 5:19 pm #

    panjang banget ….. di bagi2 aja jadi bljr dari elektron (1) bljr dari elektron (2)

    belajr elektron apa elektro??🙂
    kalo elektro bisa di saya hehehe🙂

  12. superkecil May 13, 2007 at 1:52 am #

    # deking
    iya, tanya kenapa?

    # orido
    besok aku bikinin kacang proton ma kacang neutron sekalian
    kalo perlu kacang nutrino
    ataw kacamg positron
    uwhh…

    # arul
    segitu panjang?
    ini mah masih sepersekiannya blog-nya pa’de King

  13. aLe May 13, 2007 at 6:22 am #

    layoutnya keren nih blognya ^_^ *numpang oot*

  14. damarberlari May 13, 2007 at 3:08 pm #

    ah membangkitkan kenangan masa lalu waktu belajar kimia… nyari2 golongan unsur berdasarkan jumlah elektronnya, sudah lupa saya.

    ah, bukan kenangan yang bagus juga….
    —menerawang—

  15. junthit May 14, 2007 at 8:33 pm #

    kalau pelajaran kimia dulu seperti ini mungkin saya nggak akan trauma dg kimia..

    …tuuh kan..saya cuma nulis kata “kimia” saja sudah kebayang pelajaran yang super membingungkan…

  16. Roffi May 16, 2007 at 1:10 am #

    gambarnya kok ga muncul?

  17. superkecil May 17, 2007 at 1:13 pm #

    # aLe
    lha… punya abang lebih bagus…
    nguece… standar iki bang

    # damarberlari
    ….[…]…. ??????
    bingung rek, rep ngomong opo

    # junthit
    kimia??? emang bikin bingung
    banyak perkecualian
    apalagi chemistry..
    owh, sama aja yak?😀

  18. superkecil May 17, 2007 at 1:14 pm #

    […]

  19. Puguh Indrasetiawan May 17, 2007 at 2:54 pm #

    wadddduhh.. KO yah?? bikin otak pusing tujuh keliling kalau sudah sampe ELUSIDASI.. bikin halusinasi^^

  20. Herdiyanto June 2, 2007 at 2:17 pm #

    Waduh, kayaknya saya salah jurusan nih.. baru tau ternyata kimia mengasyikkan. Sekolah lagi apa ya? AYOOOO SEKOLAH!

    —-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-
    emangnya abang jurusan apa?
    jogja-solo?
    wah, keliru bang, ini bis ke lampung.. hehe😀
    —-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-*—-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: