Siapa bilang kerokan udah ga jaman? (2nd sequel)

6 Jun

Masi inget kn postingan sebelumnya yang mbahas soal kerokan? Kalo ga inget baca lagi yah….

 

Kemaren qta ngmg sampe bedanya medis barat dan medis timur dilihat dari segi cara pengobatannya… yang medis barat udah kan? Sekarang qta beralih ke medis timur… kalo cara pengobatan menurut medis timur, rata-rata menggunakan garis meridian… bagi yang udah pernah nonton “Jewel in The Palace” (yang lakonnya Janggeum) pasti ngerti deh… garis meridian itu apa c? Garis meridian yang dimaksud disini bukan garis meridian bumi yang membujur dari utara ke selatan, tapi garis meridian ini merupakan garis meridian tubuh… pertanyannya adalah,, apakah garis meridian kasat mata? oh, fully NOT… jangankan kasat mata, ada di dalm tubuh manusia pun tidak… lha terus gimana ngobatinnya?

Penjelasan ini mungkin agak membingungkan dan banyak bahasa planet pastinya… jadi gini, kalo dalam medis timur itu dikenal adanya garis yang menghubungkan titik-titik tertentu… (tapi garis ini bukan berdasarkan aksioma)… titik-titik yang dimaksud adalah pusat dimana ada keseimbangan fungsi tubuh… walopun sebenernya bentuknya bukan bener-bener titik tapi suatu area… tapi karena lebih gampang disebut titik, makanya disebutnya titik aja yah…

 

Titik-titik ini saling berhubungan antara satu dengan yang lain walopun letaknya jauh… aduh gimana ya jelasinnya… saia juga bingung… pake misal aja ya… misalna kalo kecethit ataw kedheglik ataw bahasa indonesianya apa yah? Oiya keseleo!… nha yang dipijet kan bukan tempat keseleonya tapi tempat lain… (pijat juga termasuk pengobatan ala medis timur)… titik keseleo terhubung dengan titik lain oleh suatu garis… bayangin aja garis itu sebuah benang atau tali… trus bayangin juga kalo keseleo itu benangnya ngga lurus tapi mbundhel, ada yang ruwet… nah, biar jadi “bener” lagi kan benangnya kudu dilurusin tu… ngelurusinnya lebih enak dari bagian yang ga sakit (bukan di tempat sakitnya keseleo)… sebenernya bisa c di tempat yang keseleo itu, tapi kan rasanya lebih sakit… bayangin aja kalo nglepas benang bundhet… kalo nglurusinnya di tempat bundhet susah lepasnya… gitu de kira-kira… kalo masi bingung, tanya yah… biar saia cari contoh lain…

 

Nha hubungannya dengan garis meridian apa? Nambah bingung aja… garis meridian itu ya benang-benang tadi… garis ini ngga keliatan secara kasat mata tapi bisa dikira-kira oleh orang yang punya ilmunya… jadi prinsip disini keahlian dan pengalaman… ga ada bukti autentik pasien menderita sakit apa… tapi yang jelas kondisi pasien dalam keadaan yang tidak nyaman… tidak seperti medis barat yang ada bukti autentiknya seperti hasil rontgen, hasil tes darah, hasil tes urin, dan sebagainya…

 

Yang menjadi salah satu alasan kenapa medis timur belum diakui adalah karena belum adanya pihak pengawas kedokteran ala timur… kata dr. Setiawan Dalimartha (dokter herbalis) di Indonesia belum ada kurikulum yang menyajikan tentang kedokteran timur… yang dipelajari selama ini hanya kedokteran barat… jadi ya wajar kalo dokter2 Indonesia kurang faham dengan medis timur… beda dengan Kedokteran ala Nanyang (NTU, Singapore)… kalo maw sekolah di NTU n ambil jurusan Kedokteran, kudu kursus bahasa Mandarin dulu, trus belajar medis timur di China selama 2 tahun, baru balik ke Nanyang untuk belajar kedokteran Barat… jadi pendidikannya lengkap… Indonesia kapan yah?

 

So, kalo sakit mesti berobat ala medis barat atau medis timur dong?

 

Tidak ada keharusan mau berobat menggunakan yang mana… kalo melalui rumah sakit pasti ditangani dengan medis barat dunk pastinya… tapi kalo melalui jalan alternative biasanya digunakan ala medis timur… oiya, pengobatan ala medis timur itu contohnya akupressur (tekan pakai tangan), akupunktur (tekan pakai jarum), reiki, tenaga chi, dan lain-lain (betewe, di farmasi diajarin baca aura lowh, bener-bener ilmu klenik deh pokonya)… pemilihan cara pengobatan (terapi) bukan suatu keharusan, tapi yang diwajibkan adalah kesehatan… kalo hati senang aja udah bisa jadi obat… jadi pemunculan sugesti untuk sembuh itu sangat penting… so, teteup riang yah walopun sakit… karena hati yang riang adalah obat…

 

 

PERHATIAN:

Kalo bingung baca postingan nehe’ ini, jangan kerutkan dahi, tetaplah riang jangan cemberut, tanyakan saja mana yang membingungkan (semuanya kaleeee!!!!), kalo malu bertanya, pikirkan saja sampai ubanan, kalo perlu dibawa mimpi, ha-ha!!!)

15 Responses to “Siapa bilang kerokan udah ga jaman? (2nd sequel)”

  1. Bachtzia June 6, 2007 at 11:20 am #

    pertamax!!

  2. anung June 6, 2007 at 2:01 pm #

    yakin..aku gak dong babarblas…

    selamat menempuh ujian responsi😀

  3. cakmoki June 7, 2007 at 4:30 am #

    akupunktur udah masuk kurikulum farmasi ya ?

  4. kurtubi June 7, 2007 at 10:22 am #

    orang betawi paling suka kerokan… trnyata akar budayanya memang uptodate hingga sekarang yaa… btw, kalau sudah masuk kurikulum, banyak jadi tukang kerokan nih… aku daftar jeng…🙂

  5. anas June 7, 2007 at 3:53 pm #

    Medis timur ? Enak tuh biasanya lebih murah, ilmiah dan sedikit resiko tapi hati-hati ama yang klenik loh.

  6. Master Li June 8, 2007 at 1:52 pm #

    Buewh… Suka banget kerokan sih..sampai ada sequelnya…😯

  7. whitegun June 8, 2007 at 7:20 pm #

    wah ngobrolnya udah ke masalah medis barat dan timur, gak masalah kerokan lagi, tapi pembahasannya bagus, kali aja kecil bisa jadi murid farmasi teladan, ampe bahan pelajarannya di post di blog hahaha…🙂

  8. deking June 9, 2007 at 1:59 am #

    Wah…mantaf nih…
    Lagi2 lumayan tambah ilmu🙂

  9. super_kecil June 12, 2007 at 4:16 am #

    # Bachtzia
    selamat!

    # anung
    kan uda ada di perhatian…

    # cakmoki
    kalo akupunktur blm masuk cak
    blm ada yg mengajar
    tapi kalo di KU UI kaya’na uda
    tp masuk kurikulum S2

    # kurtubi
    tukang kerok teh banyak bang
    asal ga tukang garuk aja

    # anas
    wah, saia malah ambil jurusan
    Farmasi Klenik dan Kedukunan, hehe😀

    # Master Li
    saia ga suka kerokan bang
    serius!!!

    # whitegun

    kali aja kecil bisa jadi murid farmasi teladan

    amien… mohon do’anya

    # deking
    mantaf mantaf…
    hffff…

  10. YaYaN June 12, 2007 at 9:24 am #

    hmmm…
    kayaknya emang nih…
    aku curiga jangan2 ntar skripsinya membahas tentang kerokan dan relevansinya di dunia kesehatan… hmmm… bagus tuh…

    wa, jadi dapet ide ni bang… nuhun yah…

  11. Dani Iswara June 12, 2007 at 6:07 pm #

    kl dahi ampe berkerut bacanya, berarti tuh dahi mesti dikerok jg ya..😀
    di bali (bukan fk) ada kurikulum yg cara ‘bali’ jg lho..

    wah ntar menyalahih prinsip Yin dan Yang dok kalo dahi dikerok

  12. Dep June 17, 2007 at 1:17 am #

    Hidup pak Didik!

    yang ngajarin pak sud kalee bang…

  13. Dep June 23, 2007 at 11:49 pm #

    Ow salah ya? Tp katanya Ikhsan Etno yg ngajar pak Didik, mana sih yg bener?

    before mid : Mr. Didik ; after mid : Mr. Sudarsono, gt lowh… emg g pernah nanya anak CCP yah? *peace!!!*

  14. Dep June 23, 2007 at 11:52 pm #

    Omong2 yg diajarin ngeliat aura itu di Makul Etnofarmasi khan?

    yap! Anda benar… makanya CCP is Oke… tapi sekelas 100 orang,,, uwh kaya’ peternakan…

  15. Mrs.VS17 December 14, 2011 at 2:03 pm #

    pokoknya kalo kerokan mah aq,, nggak nggak nggak kuatt (numpang nyanyi)😛
    Waw, di Farmasi pake diajarin ngeliat aura?? menarik sekaliii😕

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: